728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 14 Februari 2016

Berikut Tanda-Tanda Kerusakan Pada ECU Mobil Toyota

Bila terjadi kerusakan pada ECU mobil, ada kemungkinan jika mobil mengalami kerusakan pada komponen tersebut. 


ECU (Engine Control Unit) atau sering disebut juga ECM (Engine Control Module) adalah komputer mobil yang berfungsi mengatur dan mengontrol kinerja mesin mobil dengan berbagai macam sensor yang terdapat pada mesin mobil.

Komponen ini sendiri terdapat pada mesin mobil jenis EFI atau biasa disebut dengan mobil injeksi.

Bentuk dan letaknya pun sangat beragam, tergantung dari jenis serta merek mobil Toyota itu sendiri.

Namun, kebanyakan mobil produksi Jepang akan meletakkan ECU di bawah dashboard mobilbagian kiri.

ECU berbentuk persegi panjang yang cukup tipis serta di dalamnya terdapat rangkaian elektronik dan software komputer.

Fungsi dari ECU adalah mengatur campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar sesuai kebutuhan pada proses pembakaran.

Selain itu, komponen ini mengatur pengapian pada setiap langkah pembakaran, mengontrol putaran mesin saat stationer, mengatur kinerja AC mobil, mengatur dan mengontrol kinerja mesin secara keseluruhan dan yang terkahir mendeteksi kerusakan pada masing masing komponen.

Gejala yang bisa dideteksi bila ECU mengalami kerusakan adalah mobil susah dihidupkan, mengakibatkan konsumsi bahan bakar boros.

Selain itu, ECU rusak juga dapat mengakibatkan mesin tidak stationer (mesin menyendat nyendat) dan mengakibatkan tenaga mesin berkurang.

Parahnya lagi, ECU yang mengalami masalah dapat mengakibatkan lampu ceck engine menyala terus atau bisa juga mati total.

Namun, bila Anda tak yakin dengan gejala kerusakan ini, sebaiknya bawa mobil Toyota Anda ke bengkel mobil atau delaer resmi Toyota yang terpercaya dan sudah berpengalaman dengan m
obil injeksi (EFI).

Lalu, bagaiman ya keruskaan bisa terjadi pada komponen ini?

Kerusakaan ECU bisa saja terjadi karena faktor umur kendaraan yang sudah digunakan cukup lama dan daya tempuh kilometer yang sudah jauh.

Tapi bisa juga karena kerusakaan dari dalam ECU itu sendiri,kerusakaan dari dalam biasanya terjadi karena ada komponen eltronik yang terbakar.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Berikut Tanda-Tanda Kerusakan Pada ECU Mobil Toyota Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua