728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 14 Februari 2016

Mengganti Engine Control Module di dalam mobil Toyota

Engine Control Module atau ECM merupakan bagian integral dari sebuah mobil Toyota. ECM merupakan otak dari sebuah mobil dan dibutuhkan untuk menjaga mobil agar tetap bekerja sesuai perintah. Untuk itulah Anda harus menjaga bagian ini dan segera melakukan perbaikan atau penggantian saat rusak. Namun, mengganti ECM merupakan perbaikan yang membutuhkan biaya banyak. Kalau Anda punya banyak waktu luang, Anda bisa mengganti ECM mobil Toyota Anda sendiri. Bagaimana caranya? Simak informasi berikut.

Fungsi dari ECM

Sebelum mengganti ECM, Anda harus tahu bahwa ECM atau biasa juga disebut dengan programmable control module adalah otak dari sistem kerja mobil. komputer ini mengambil informasi dari berbagai sensors di sekitar mobil, menganalisa informasi tersebut dan mengirimkannya kembali ke sensors lain untuk kemudian diubah berdasarkan informasi yang telah dikirimkan oleh komputer tersebut. Sebuah scanner juga telah dipasangkan ke bagian dashboard Toyota Anda, sehingga komputer bisa memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang salah melalui lampu check engine.

Cara Mengganti ECM

Bagi Anda yang tak mau mengeluarkan banyak uang untuk mengganti ECM, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini. Pertama bukalah mesin dan putus sambungannya dengan baterai menggunakan kunci sok. Anda harus menemukan lokasi ECM pada mobil Toyota Anda , pekerjaan ini akan cukup sulit dilakukan karena beberapa mobil Toyota menempatkan komputer ini sebagai bagian dari mesin dan beberapa mobil lainnya akan meletakkannya di bawah kursi depan mobil. 

Ketika ECM sudah ditemukan, putus sumber tenaga dengan mengunci tabulator dan mengangkatnya. Letakkan tabulator ini jauh dari mobil agar aliran listrik terputus sepenuhnya. Gunakan kunci sok untuk melepaskan sekrup yang mencengkeram ECM pada bagian mobil. Setelah selesai, lepaskan ECM dari mobil. Siapkan ECM baru dan letakkan pada tempat ECM yang lama dan kencangkan kembali dengan kunci sok. Pastikan Anda melakukannya dengan sangat hati-hati karena ECM sangat rentan atau sensitif. 

Sambungkan kembali semua kabel yang tadi Anda putus ke ECM yang baru. Ambil kabel baterai dan sambungkan ke baterai dan kencangkan dengan kunci sok. Periksa jika ECM sudah terpasang dengan benar dan baik dengan menyalakan mesin mobil. jika sudah menyala, biarkan selama 5 sampai 6 menit. Jika scanner pada dashboard mobil Toyota Anda melaporkan jika kode tidak muncul secara benar, lampu check engine akan menyala dengan sendirinya. Jika eror ini terjadi, mulailah lagi langkah pemasangan ECM yang baru ke dalam mobil.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengganti Engine Control Module di dalam mobil Toyota Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua