728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 04 Februari 2016

Efektifkah Membersihkan Evaporator dengan Cleaner?

Membersihkan evaporator AC perlu dilakukan secara rutin. Namun untuk membersihkannya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena posisi evaporator yang sulit dijangkau dan memerlukan pelepasan beberapa komponen.
Untuk memangkas waktu, konsumen seringkali beralih menggunakan evap cleaner. Evap cleaner ini memang berfungsi meluruhkan kotoran, namun sebarapa efektifkah penggunaannya?
Menurut Marketing Communication bengkel spesialis AC Rotary Bintaro Mahfiroh, penggunaan evap cleaner tidaklah sepenuhnya efektif.
"Evaporator sendiri memiliki box penutup dan berada di area dalam dashboard yang sulit dijangkau. Pembersihan menggunakan evap cleaner dengan cara menyemprotkan ke evaporator tidak akan sepenuhnya melepaskan kotoran. Soalnya, evaporator dipenuhi celah-celah kecil yang juga sulit dijangkau oleh sprayer cleaner," jelasnya.
Selain itu menurutnya penggunaan evap cleaner berisiko menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Soalnya kotoran yang rontok dapat menyumbat lubang pembuangan. Hal tersebut membuat air tergenang di sekitar box evaporator dan masuk ke dalam kabin.
"Idealnya evaporator harus dibuka dan dilepaskan dari posisi semula untuk membersihkannya. Kemudian evaporator disemprot dengan bantuan steamer bertekanan tinggi. Ini butuh keahlian tinggi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Efektifkah Membersihkan Evaporator dengan Cleaner? Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua