728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 04 Februari 2016

Efektifkah Mengelas Evaporator AC Bocor?

Untuk mengetahui apakah evaporator mengalami kebocoran dapat dilakukan dengan memberi tekanan udara. Tentunya komponen ini haris dibongkar terlebih dahulu dan ada baiknya dilakukan di bengkel yang telah berpengalaman. Evaporator yang telah dicopot direndam ke dalam air dan diberi tekanan udara. Apabila ada gelembung udara muncul, dipastikan komponen tersebut mengalami kebocoran.
Jika sudah diketahui akar penyebabnya adalah kebocoran, salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengelas. Namun sayangnya, perbaikan dengan cara tersebut kurang efektif.
"Prinsipnya jika evaporator sudah terjadi kebocoran, kemungkinan besar sudah terjadi korosi. Jika dilas biasanya tidak akan awet, artinya jika kita las di titik A, maka kebanyakan akan merembet ke titik B, C dan seterusnya," ucapnya.
Pemborosan biaya pun dapat terjadi. Sebab apabila bocor kembali, konsumen harus mengisi freon yang terbuang. Oleh karena itu, Ia menyarankan agar konsumen segera mengganti evaporator dengan yang baru.
Mengganti evaporator baru memang akan memakan biaya yang cukup besar. Namun jika dibandingkan dengan masa pakainya yang cukup lama hingga kembali bocor, bisa dikatakan ongkos yang terbuang lebih ekonomis.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Efektifkah Mengelas Evaporator AC Bocor? Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua