728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 14 Februari 2016

Tips & Trick : kalau mau beli BMW E46 Second

kalo mau beli e46, kira kira inspection list nya begini:
1. angkat mobil pake lift/hidrolik:
2. cari titik titik bocor oli / tanda tanda sisa rembesan oli.
2a. di bak oli transmisi matic
2b. di sekitaran as kruk, posisinya persis di depan bak oli matic
2c. di bawah mesin. kalo ada rembesan di bawah mesin, kemungkinan “vacuum oil pump / oil filter housing / rocker cover” seal seal nya udah bocor.
3. sekalian liat kondisi bushing arm depan, kiri kanan. masih rapet atau sudah oblak/bolong
4. sekalian cek rembesan oli di ke empat sisi shock breaker / peredam kejut. kalo ada rembes/sisa rembesan oli, berarti skok nya hampir pasti jebol.
5. cek sisa oli di ujung knalpot/muffler tip belakang, kalo ada banyak sisa oli kering, kemungkinan besar mesinnya mbeluk.
6. turunin mobil dari lift/hidrolik.
7. buka kap mesin, kalo bisa minta ijin sama yang punya untuk buka cover mesin yg ada logonya bmw
8. cek rembes oli di sekitaran rocker cover, ngeliatnya dari depan, di sebelah kanan-nya pangkon skok sopir/pengemudi. di bagian samping mesin ada nampan, liat nampan nya pake senter/lampu, kalo ada rembesan berarti seal rocker cover atau kemungkinan vacuum oil pump udah bocor.
9. cek juga rembesan oli di sekitaran housing oil filter.
10. starter mobilnya, dengerin suara suara aneh yg timbul dari sekitaran vbelt (posisi cover masih terbuka) coba mainkan tombol a/c on off, dan perhatikan bunyi2 yg mengganggu. kalo ada bebunyian yg gak wajar, kemungkinan besar laker tensioner/ stationer nya minta ganti. liat knalpot belakang nya, apakah keluar asap putih saat di injak pedal gas? waspada i mesin mbeluk.
11. siapkan kantong plastik tipis. ingat minta ijin dulu sama yg punya untuk percobaan yg ini. pas mesin nyala, buka tutup oli mesin, trus tempelkan kantongan plastik yg tadi ke permukaan lubang pengisian oli, tutup sampai rapat, perhatikan apakah kantong plastik nya terhisap kuat ke dalam lubang? kalo iya berarti ada yg gak beres dengan oil separator mbl tersebut.
12. kembali ke perlengkapan dan fungsi umum, cek semua lampu dan fungsi pengatur tinggi rendah lampu depan, a/c dingin atau nggak, bebunyian di jalan rusak, fungsi power window dan audio, wiper dan washer.
sewaktu menjalankan mobil rasakan kinerja girbox matic nya, apakah perpindahan antar gigi masih gesit dan halus atau kah sudah lambat dan “jendul”. coba juga kinerja tiptronic 5speed nya, apakah masih berfungsi dengan baik.
cek indikator di spido meter, apakah semua nyala dan mati secara normal?
12a. indikator SRS akan nyala saat posisi ACC, trus mati beberapa saat setelah nya.
12b. indikator tanda seru(!) , segitiga (traction control), eml (check engine), abs, kampas rem (brake pad) (O) kuning, indikator baterai/aki, indikator oli, akan nyala setelah kontak ON, dan mati setelah beberapa lama. tapi untuk indikator EML, aki, dan oli akan mati setelah mesin hidup.
12c. cek indikator gear di spidometer, jangan sampe melihat gambar roda gigi muncul di layar, alamat girbox nggak sehat.
gearbox error (sebelah huruf P):
13. tampering dot. ini adalah masalah krusial. perhatikan di spidometer, di LCD/layar bagian bawah tempat odometer serta jam ditampilkan
tamper dot:
perhatikan baik baik, jika ada titik oranye tepat di sebelah tulisan “km” itu dinamakan tampering dot. titik ini akan muncul kalo sistem komputer mobil mendeteksi adanya ketidak cocokan antara odometer mobil / mileage yg tercatat di spidometer dengan mileage yg tercatat di beberapa komponen di mobil tersebut. maksudnya, ada kemungkinan beberapa parts/modul elektronik mobil tersebut telah diganti dengan modul copotan mobil lain, modul pernah diservis, atau yg lebih parah, kilometer yg ada di spidometer pernah dirubah secara sengaja, dalam hal ini “kilometer diputar / dibikin rendah”
14. apabila setelah 13 poin di atas masih ragu, segera periksakan ke bmw dealer terdekat, lakukan general check up dengan persetujuan pemilik. sekalian minta dibacakan kilometer di kunci mobil (kunci mobil bmw e46 menyimpan data kilometer mobil yg valid, jadi seumpama kilometer di spido pernah di puter, maka tidak akan cocok dengan kilometer yg terbaca di kunci mobil. baca nya pake alat khusus yg ada di meja SA.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips & Trick : kalau mau beli BMW E46 Second Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua