728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 14 Februari 2016

Tips Beli Mobil BMW ala omm Herlambang

Sedikit Sharing tips and tricks beli mobil bekas BMW, disini casenya E36 but mostly applicable jg ke tipe lain.
Yang paling gampang sih bawa ke BERES atau BMW spesialis, colokin GT1 untuk general check up and you are good to go. cost sekitar 250-400rb.
Tapi untuk awalnya bisa dilihat sbb:
Mesin:
1. Check mesin paling gampang and singkat tanya aja ama yg jual hasil check CO terakhir berapa. (harus pake bukti printnya, no print no prove ) Kl lamdanya nyaris 1, atau 0,9xx trus CO dibawah 1%, HC <200-300 (syukur mendekati 100) minimal pembakarannya bagus
2. Check fisik mesin. jgn seneng dulu liat mesin kinclong sampe lalat aja kepleset, krn kl mesin abis dipoles bisa jadi krn bekas bocor makanya dipoles. kl liat mesin kotor malah bisa di deteksi ada bocor atau nggak. kan kl jadi beli poles sendiri cuma 200-300rb ini. kl udah terlanjur dipoles ya gambling dah, sapu aja pake tangan di sekitar seal/gasket mesin, liat lengket olie gak. trus buka filter udara, kl mesin kinclong trus filter udaranya kotor gak singkron kan, artinya dimake up pas mau dijual aja, sehari2 gak kerawat tuh mobil kl filter udaranya aja dekil.
3. kl orgnya berkenan, test drive!!, test drive jgn jalan sopan, bawa ngebut kayak dikejar setan , ngebut maksudnya jalananin di RPM tinggi diatas 4000-6000 rpm. ni mobil nendang di rpm atas. kl diatas ngacir artinya mesin sehat,transmisi OK, kl ngempos artinya agak pilek atau malah udah demam
4. Pas stasioner dan kondisi mesin di temperatur kerja peratiin ada suara kayak penjual mie tek tek gak? kl pas stater dari mesin dingin and dibawa ngebut ada suara tek tek tek artinya orgnya dulu suka telat ganti olie, HVAnya rusak. gak ngaruh performance sih but gak enak didenger and kl ganti sekitar 4jt!
5. Check radiator ama selang2nya!!!.
tanya kapan radiator/selang2nya diganti, krn kl sampe overheat bmw langsung lumpuh!! temperatur harus tepat di tengah, kl lewat dikit aja alamat gak sampe 15 menit bisa lgs ke merah!! Kl radiatornya masih mayan putih artinya radiatornya blm lama ganti, sukur2 diradiator ada logo bmwnya, logo bmw gak bs nipu urusan kualitas . harga non logo 1-3jtan, pake logo 4jt lebih!!. Pencet2 selangnya juga, kl msh lembek masih OK, kl udah rada keras pastiin ntar diganti ya
Kelistrikan (Simple tapi penting banget !!!)
1. Check kotak sekering, peratiin ada bekas meleleh/sekering dijumper keluar kotak nggak, kl ada patut waspada, artinya pernah konslet tuh, liatin kabel2 lain jangan2 ada yg hangus malah diisolasi
2. Liat kondisi sekering, msh yg keramik ori BMW apa sekering murahan. kl sekering murahan ganti yg keramik. sekalian juga cek kapasitasnya sama nggak dgn standart yg tertulis di sticker.
3. liat audio standart apa full modif, kl full modif atau bekasi full audio peratiin pilar depan ama pilar belakang, trimnya pasti udah gak rapet and longgar.artinya pernah dibuka2 buat ngelewatin kabel bisa jadi kl installernya gak pengalaman malah suka bikin storing atau malah konslet. kl pilar tengah tempat seat belt sukur2 deh kl dpt yg masih rapet, biasanya suka udah agak gak beres krn sering pas keluar masuk penumpang keteken. Pilar A and C harganya sekitar 700-900rb lho satunya
Kaki-kaki:
1. Test drive aja dijalan keriting, ada bunyi nggak atau setir kerasa agak goyang. bs jadi bushing,tierod ball join udah mau pensiun. gak usah kuatir, bs ganti merek lemfoder total sekitar 2-4jt and kerasa mobil baru. but bisa dipake buat alasan nego
2. Tekan2 spakbornya. kl ngayun siapin aja 2jt untuk shock depan, belakang 1Jt an , kl mobilnya diem aja artinya shock bagus, udah hemat 3jt an kan?
3. Untuk ganti semua karet bushing dr depan smp belakang include ball join kira2 4-6jt, serasa mobil baru deh.
Interior:
1. Liat laci, bisa ketutup rapet gak?
2. Lampu2 interior hidup gak? kl gak hidup pastiin cuma bohlamnya aja bukan krn konselt
3. Speedometer. Liat kilometernya udah berapa, kl rendah bgt cocokin ama pedal, kl kilometer dibawah 100rb but pedal rem/koplingnya udah aus artinya udah dimundurin . Ada pengalaman dulu pas hunting mesin ama body kinclong, kilometer cuma 75rb but liat pedalnya dah aus. jd ragu. balik kerumah liat ada mobil yg sama diiklan beberapa minggu sebelumnya, ternyata pas gw tlp udah laku, kilometer terakhir 175RB!!!!!! buset dah, discountnya banyak banget yak? hehe
4. Liat jok, kulit asli bawaan, kulit tambahan, kulit imitasi atau kain jok biasa orinya? gw lbh preffer kulit asli bawaan atau malah sekalian jok kain biasa krn kl jok kain biasa lebih awet and kl mau diganti kulit bs ketauan busa dalemnya perlu ditambah atau nggak.
Lain-lain:
1. Kunci ada berapa, aslinya ada 4, 1 master yg ada lampu, dua agak pipih satu dari plastic.
2. Tool kit,dongkrak,kunci roda ada nggak.
Gw sih ngerasa nyaman aja kl dua hal diatas ada atau mayan lengkap, keliatan yg punya dulunya care ama barang and gak murah lho bikin kunci cadangan and beli toolkit
monggo yg lain silahkan nambahin pengalamannya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Tips Beli Mobil BMW ala omm Herlambang Rating: 5 Reviewed By: info seputar mobil tua